Get Adobe Flash player
JADWAL SHALAT  Subuh 04:35 WIB | Dzuhur 11:47 WIB | Ashar 14:59 WIB | Maghrib 17:49 WIB | Isya 18:54 WIB

Hukum & HAM

Rachmawati Akan Pidanakan Taufik Kiemas?

Beban Psikologi tersebut akan berimplikasi pada masalah sosial, politik, hukum serta ketatanegaraan.

Senin, 15 April 2013 19:25 zak | hsn|
Rachmawati Akan Pidanakan Taufik Kiemas?
Bambang Suroso memperlihatkan Jilid Somasi pada wartawan di DPR.
Jakarta, POL

KETUA Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufik Kiemas rupanya di somasi oleh Racmawati Soekarno Putri, terkait  Kata ‘Empat Pilar’ yang di sampaikan tertuliske DPR melalui kuasa hukumnya Bambang Suroso, Senin (15/4/2013).

Ormas Banteng Lima, Muhaimin Iskandar serta Hary Tjan Silalahi menyayangkan muncul Empat Pilar hingga membuat Hary Tjan menulis opininya di HarianKompas 12 April 2013.

Penggunaan kosa kata Empat Pilar di khawatirkan oleh putri Bung Karnoini akan mengakibatkan pengaburan dari pengertian serta nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bihineka Tunggal Ika.

Somasi yang di ajukan oleh Rachmawati ke MPR berupa teguran tertulisd alam satu jilid yang diperlihatkan oleh kuasa hukumnya, Bambang Suroso kepada wartawan.

Sebagaimana dalam pidato Bung Karno pada 1 Juni  1945 yakni, Pancasila adalah Philosofis chegrondslag itulah pundamen, filsafat, pikiran yang sedalam-dalamnya, jiwa hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia merdeka yang kekal abadi.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Pilar artinyaya knitiang penguat, seperti batu, beton dan lain-lain. Contoh lainnya,  sebuah monumen yang terdiridari lima pilar berdiri dengan megahnya.

Pilar juga artinya dasar atau pokok, pada kalimat partai kalau disederhanakan menjadi tujuh organisasi pilar.

Disamping itu, pilar juga merupakan kap tiang yang berbentuk slinder pejal atau berongga penyangga balok geledak atau bagia nkontruksi kapal.

“ Dukungan saya untuk MPR demi mensosialisasikan kembali Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, adanya penggunaan kosa kata Empat Pilar ini membuat saya tidak setuju,"  kata Rahmawati dalam jilid somasinya.

Sesuai amanat UUD 1945 seperti tercatum dalam pasal 27 (3) yakni setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara, serta pasal 28 (2) setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.

Rachmawati meminta kepada MPR-RI agar mencabut penggunaan kosa kata Empat pilar selambat-lambatnya 1 Mei 2013.

“Apabila tidak diindahkan maka akan berlanjut ke proses hukum pidana ketata negaraan," tandasnya.

Usai menunjukkan surats omasi pada wartawan di DPR, kepada PelitaOnline Bambang mengatakan bahwa bangsa ini jangan di sesat-sesatkan terus karena akan menjadi beban psikologis bagi masyarakat.

“Beban Psikologi tersebut akan berimplikasi pada masalah sosial, politik, hukum serta ketatanegaraan," pungkasnya.

Dibaca 422 kali

Tinggalkan komentar....
Hukum & HAM
Pembunuhan Kasus Nissan March Terungkap

Pembunuhan Kasus Nissan March Terungkap

Saat ditemukan, posisi jasad korban terletak di bagasi mobil nissan march dengan kondisi tubuh terikat kabel listrik